Pages

Senin, 18 Juli 2011

Cara Mengganti Template di Blogspot

Sebelumnya saya pernah posting tentang cara posting artikel di blogspot. Silahkan baca lagi posting di sini. Kali ini saya senang ingin berbagi pada anda bagaimana cara mengganti template di blogspot. Template kalau saya terjemahkan adalah tampilan atau wajah dari sebuah blog. Wajah juga penting loh. Karena ketika orang berkunjung ke blog anda maka yang terlihat adalah tampilan blog anda. Seperti ketika anda berjumpa dengan seorang cewek. Maka saya yakin yang anda lihat pertama kali adalah wajahnya. Setujuuuuuuuu?!  Setuju aja dech. Demikian juga blog. Walau tidak 100% sich. Tapi wajah blog anda tetap harus dipoles sedemikian rupa agar kelihatan menarik. Nah salah satunya dengan memilih template yang baik, indah dan menarik.
Untuk mengganti template blogspot maka harus mempersiapkan terlebih dahulu templatenya. Cari template susah? Kata siapa susah. Buaaaaaaaaanyak di internet para blogger yang menyediakannya. Di internet blogger banyak yang juga menjadi designer template. Di antara yang saya kenal baik adalah kang rohman dan o om. Cari sendiri ya di google. Tempale-template yang mereka ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Tentu saja ada perbedaan dong antara keduanya. Silahkan pilih sesuai dengan kemampuan anda masing-masing. Kalau saya? Pake yang gratisan ah. He he he. Ok,  jika anda telah menemukan template yang cocok dengan selera anda, silahkan didownload dan disimpan di komputer anda. Jangan lupa, extract dulu karena biasanya template yang disediakan disimpan di winrar atau winzip. Ok saya anggap anda sudah melakukan hal-hal di atas, selanjutnya langsung ke member area blogspot :

1. Login dulu ya ke blogger.com lalu klik Rancangan di blog yang akan anda ganti templatenya. Saya contohkan di sini saya ganti template Pulsasuper.

2. Klik menu Edit HTML untuk memulai mengganti template.
3. Setelah itu muncul halaman seperti di bawah ini
Ada 2 hal yang harus anda perhatikan sebelum mengganti template yaitu sebaiknya simpan terlebih dahulu template asal anda atau dibackup. Klik saja Menu Download Template. Lalu Jangan lupa centang Expand Template Widget
4. Untuk mulai mengganti template silahkan klik tombol Browse. Lalu muncul halaman/window. Di sinilah anda harus mencari file template yang disimpan lalu klik Open kemudian klik Tombol Unggah di area blogger anda. Tunggu proses upload/unggah template yang baru hingga muncul halaman seperti ini :
5. Ada tulisan-tulisan berwarna merah. Maksudnya adalah sebagai peringatan apakah anda mau menghapus widget dari template sebelumnya atau tidak. Jika mau menghapus klik tombol HAPUS WIDGET. Jika tidak mau menghapus Klik saja PERTAHANKAN WIDGET.
6. Template berhasil diganti jika sudah ada tulisan seperti di bawah ini.
Selamat template anda telah berhasil diganti. Dan selamat dengan wajah blog anda yang baru. Semoga semakin semangat ngeblognya.

2 komentar:

novhi mengatakan...

eeaaa... eksis ee.. hehe

Unknown mengatakan...

ealah :p
wey rajin2 ko main2 ke sini eeee

Posting Komentar